Jumat, 24 Desember 2010

Cara Agar Blog Terindex oleh Search Engine


Berbicara masalah SEO, tak ubahlah bermain-main dengan yang namanya keyword. Keyword research, mutlak diperlukan untuk mendongkrak kemanjuran optimasi blog. Keyword research adalah proses mencari dan menentukan keyword-keyword apa saja yang cocok untuk sebuah blog. Dengan begitu, ketepatan keyword akan berpengaruh pada trafik blog.
Untuk bisa mengenali keyword apa yang tepat buat sebuah blog, tentu tidak serta merta dapat ditentukan secara langsung. Dengan efektifitas keyword yang akan dipakai akan lebih menentukan seberapa besar pengaruhnya terhadap pengunjung blog kita sendiri. Tidak menutup kemungkinan, perubahan besar akan dapat terjadi dengan melakukan keyword research ini terhadap trafik blog kita.
Untuk memulai keyword research, bisa dilakukan pertahapan berikut :
  1. Brainstorming keyword, artinya memikirkan kata-kata yang potensial untuk blog kita sendiri. Bisa meliputi dari tema blog, kategori apa yang sering diangkat, hal-hal yang menjadi identitas blog, juga mencari melalui tools google menggunakan keyword-keyword yang sedang trend seperti google insight, maupun google trends.
  2. Survey pengunjung, artinya dari sekian banyak yang pernah di pakai, pengunjung lebih tertarik dengan tulisan seperti apa, keyword apa yang menjebak mereka datang ke blog kita. Dengan melihat kembali keyword-keyword yang sudah pernah sebelumnya, di kombinasikan kembali dengan keyword-keyword yang potensial lainnnya.
  3. Gunakan Keyword Research tools, Keyword reseach tools nantinya akan membandingkan kemungkinan-kemungkinan keyword apa saja yang potensial untuk bisa di gunakan di blog. Ada beberapa alternatif keyword research tools di internet diantaranya : Wordtracker & Overture.
  4. Menyeleksi Keyword, pada bagian ini dari hasil analisis di keyword tools, tinggal menyeleksi keyword apa saja yang layak dan potensial untuk dipasang di blog. Dengan menyeleksi keyword yang potensial maka akan melebihi kekuatan keyword yang ada. Terlebih jika menggunakan nilai efektifitas keyword di internet.
  5. Testing keyword dan analisis hasil, artinya tinggal keyword tersebut di implementasikan di blog kita sendiri. Dengan strategi SEO yang dimiliki tentunya. Kemudian analisis hasilnya dengan berbagai macam tools seperti google analitycs.
Keberhasilan keyword research ini akhirnya bisa mempengaruhi target pengunjung dan trafik. Cara seperti ini bisa dikatakan keyword research yang cukup melelahkan. Namun tidak ada salahnya jika menginginkan hasil yang terbaik buat strategi marketing blog kita sendiri. Sehingga keyword research ini dapat digunakan sebagai cara jitu mendobrak trafik blog.

Tips dan trik kebanjiran pengunjung sangat menarik untuk dipelajari, terlebih lagi bagi mereka yang menggunakan ini sebagai sarana mendulang $$$. Tentunya tips dan trik disini tidak akan berbicara panjang lebar mengenai SEO, namun lebih tepatnya saya mencoba mengulas tentang optimasi keyword.
Dalam optimasi keyword ternyata tidak sembarang dalam memilih apa yang akan digunakan. Banyak tips dan trik yang bisa dilakukan dalam mengoptimasikannya, dan banyak juga tools yang bisa digunakan untuk membantu hal itu. Tips dan trik yang sedang saya uji cobakan adalah bagaimana memanfaatkan nilai efektifitas suatu keyword terhadap performansi SEO yang akan dilakukan.
Nilai efektifitas tersebut dihitung berdasarkan popularitas keyword perbulan berbanding dengan persaingannya di mesin pencari. Dengan melihat peluang ini, maka keyword apa yang akan dioptimasi bisa tercapai. Bagaimana menghitung hal tersebut ?!?
Tips dan trik 1, yakni menggunakan tools google adwords untuk menghitung popularitas perbulan (kita notasikan sebagai P). Kemudian akan diberikan alternatif keyword yang relevan dengan apa yang dimasukkan. Tips dan trik  ini fungsinya untuk bisa memilih kesesuaian keyword yang akan dioptimasi.

Tips dan trik 2, menghitung nilai persaingan di mesin pencari (kita notasikan sebagi C) yakni dengan memasukkan keyword tersebut dalam google, kemudian lihat banyaknya kata pencarian yang muncul (seperti ini : Urutan 110 dari sekitar 1,670,000). Dengan ini maka kita bisa melihat persaingan situs yang menggunakan keyword yang sama.

Untuk menghitung nilai efektivitas keywordnya menggunakan rumus  P^2/C. Dengan kata lain, nilai efektifitas ini setidaknya memberikan gambaran keyword seperti apa yang akan digunakan untuk optimasi.  Dengan memanfaatkan peluang efektifitas keyword yang diberikan, maka web kita akan kebanjiran pengunjung.

Jikalau diasumsikan, dengan SEO kita bisa memposisikan keyword di posisi atas SERP, dan dengan efektifitas keyword ini akan menajamkan dan memberikan peluang yang lebih besar terhadap penggunaan SEO itu sendiri. Tips dan trik ini merupakan gambaran singkat bagaimana memilih perpaduan keyword yang benar.
Seberapa banjirkah blog kita dengan teknik ini ?!?
Jika sebuah keyword di cari oleh 5000 orang dibandingkan dengan dicari 10000 orang, maka peluang kebanjiran pengunjung akan lebih besar dengan yang dicari 10000 orang. Dengan tips dan trik ini, kita akan lebih memilih keyword yang memiliki peluang yang dicari lebih banyak orang. Namun, Tips dan trik ini tidak memberikan jaminan secara mutlak, tentu teknik SEO yang lainnya juga berpengaruh, setidaknya ini merupakan alternatif pemilihan keyword yang bisa dipakai untuk optimasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar